Selasa, 04 November 2008

E-Library

Disusun Oleh :
Ayu Anggraini (51006010)
Randy Thioris (51006038)
Wong Eng Yong (51006049)

Ringkasan / Inti E-Library:

PENGANTAR

I. Definisi
Perubahan pada masyarakat dunia sekarang sulit diperkirakan, utamanya jika melibatkan pengguna perpustakaan yang memiliki kondisi pengetahuan terhadap teknologi yang berbeda. Hal ini mengharuskan perpustakaan menyesuaikan diri dan mengambil antisipatif bila tidak ingin ditinggalkan oleh pengguna..
Dari uraian tersebut dapat disadari perlunya ditingkatkan penggunaan teknologi saat ini dimana salah satunya dengan mengembangkan e-library untuk semakin memudahkan dalam berbagi informasi dan sumber pengetahuan agar eksistensi perpustakaan tetap terjaga.
II. Tujuan
yaitu, agar meningkatkan minat baca masyarakat baik tua maupun muda dengan memanfaatkan jaringan online, dengan pemanfaatan e-library maka berbagai informasi dapat ditampung dan disharing melalui jaringan internet sehinggga dapat dibaca dan dinikmati masyarakat luas.
III. Visi
yaitu diharapkan eksistensi dari pemanfaatan teknologi terus berkembang khususnya peran informasi dan komunikasi dalam masyarakat luas. Dengan pemanfaatan jaringan komputer maka E-Library diharapkan dapat menjadi sebuah inovasi yang berdedikasi tinggi dalam pemanfaatan informasi dan sumberdaya yang tersebar di seluruh pelosok dunia.

TULISAN / PENELITIAN YANG TERKAIT
1. Pemikiran Tentang Peningkatan Fasilitas e-Library di Perpustakaan Nasional Sebagai Upaya Melaksanakan Fungsi Pendidikan Kepada Masyarakat Aroem Andajani (Pustakawan Penyelia FTK-ITS)
2. Perpustakaan Online Sebagai Media Belajar Siswa di Sukabumi
(Oleh Drs. Usep Rusman)

Fokus E-Library
Yang membedakan antara fokus E-Library yang kami akan rancang dengan penelitian-penelitian yang lainnya ialah dimana pada kedua contoh penelitian, E – Library dikhususkan untuk sektor-sektor tertentu dan pemanfaatannya dikhusukan untuk kalangan sendiri. Jadi sistem yang mereka rancang hanya diorganisir oleh kalangan sendiri juga.
Yang akan kami buat difokuskan untuk masyarakat luas dimana informasi-informasi yang akan ditampung merupakan hasil buah pikiran dari tiap orang yang nantinya dapat dibaca oleh setiap orang, dimana artikel-artikel, buku, maupun literatur – literatur dapat diisi di sistem kami oleh masyarakat, dan diperbolehkan bagi mereka untuk memposting hasil tulisan mereka ke jaringan online sehingga pembagian informasi serta komunikasi dilakukan secara lebih meluas.

BAB 3
KETERSEDIAAN TEKNOLOGI

I. Teknologi saat ini
Teknologi yang membedakan antara 2 penelitian E-Library pada bab 2 dengan E-Library yang akan kami kembangkan ialah terletak pada database yang digunakan. Pada penelitian E-Library di daerah Sukabumi sistem databasenya hanya terpusat pada sebuah CPU saja dimana didalamnya sudah termasuk server, jadi teknologi yang mereka gunakan hanya sebatas jaringan lokal.
Sementara penelitian yang Perpustakaan Online yang diadakan pada Perpustakaan Nasional Aroem Andajani mengolah informasi dengan ruang lingkup yang kecil yang hanya menyangkut kegiatan-kegiatan didaerah Aroem Andajani tersebut.
Berbeda dengan teknologi yang akan kami gunakan dimana pemanfaatan segala sumberdaya akan digunakan tidak hanya sebatas pada jaringan lokal ataupun intranet, karena fungsi utama dari E-Library ini ialah merupakan wadah / sumber informasi umum, yang mengolah informasi yang besar didalam database.
II. Ketersediaan Perangkat
Perangkat-perangkat yang akan mendukung teknologi dari E-Library yang kami kembangkan sudah cukup memadai, mengingat perkembangan Teknologi / IT cukup pesat. Kami memanfaatkan perangkat seperti koneksi internet berupa modem, server yang terhubung ke system library, dan E-Technology dari alur kegiatan sistem kami.
III. Ketersediaan info Pendukung
Adapun ketersediaan info pendukung sudah cukup banyak antara lain pengetahuan mengenai cara megolah data di database yang berskala besar dimana untuk proses update informasi dapat dilakukan dengan mudah, serta penanganan / antisipasi terhadap ganguan jaringan ataupun kerusakan / masalah pada server.
Oleh sebab itu kami berupaya mencari dan mengumpulkan literatur yang bersangkutan sebagai info pendukung penunjang kegiatan penyusunan maupun pengembangan teknologi dari E-Library saat ini.

BAB 4
APLIKASI YANG TERSEDIA

Dalam pengembangan dan perencanaan sistem dan lebih memfokuskan arah dari kegiatan E-Library ini, sedikit banyaknya ditunjang oleh aplikasi-aplikasi pengolah informasi / data yang ada saat ini yang terus mengalami perkembangan yang telah tersedia saat seperti :

- Adobe Dreamweaver CS4 (Dreamweaver CS3 Stiletto)
Aplikasi ini memiliki fungsi untuk perancangan website baik dari segi antar muka (interface) maupun logika-logika (Scripting program) yang disuguhkan dalam bentuk pemrograman WYSIWYG (What You See is What You Get)

-Adobe Photoshop CS4 (Photoshop Stonehenge)
Aplikasi ini digunakan untuk perancangan desain (interface) E-Library, sebelum melakukan desain interface pada Adobe Dreamweaver CS4.

- Apache
Aplikasi web server

- PHP MyAdmin 2.11.4 dan mySQL
Aplikasi database dan SQL

Melalui penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut maka pengimplementasian aplikasi E-Library di masyarakat akan dengan mudah diterapkan karena dibuat dengan aplikasi-aplikasi yang umumnya digunakan saat ini, karena sekarang ini, internet di masyarakat sudah "mendarah daging". Cakupan teknologi komputer, khusunya jaringan internet telah banyak dimanfaatkan di masyarakat dan kami menerapkan / mengimplementasikan E-Library ini secara online agar dapat dengan mudah diakses oleh amsyarakat luas.

BAB 5
INFORMASI SECARA GLOBAL

Konsep dari pengembangan E-Library ini ialah lebih difokuskan pada efisiensi waktu dan pemanfaatan teknologi yang diterapkan pada sebuah sistem E-Library yang memiliki tujuan untuk meng-online kegiatan perpustakaan untuk mempermudah masyarakat dalam menambah pengetahuannya dengan cukup dari rumah dan memiliki koneksi internet, maka dapat langsung berbagi dan memperoleh informasi-informasi seputar perkembangan teknologi dimasyarakat saat ini tanpa perlu pergi meminjam buku pada perpustakaan fisik. Dengan adanya pengembangan E-Library ini, kedepannya akan mengalamai kemajuan yang meningkatkan pemanfaatan teknologi sehingga dapat menggantikan sistem perpustakaan lama yang masih terksesan klasik, selain itu juga, untuk kedepannya akan ada penambahan perangkat maupun komponen pendukung yang dapat semakin memperkuat sistem E-Library ini khususnya perangkat yang digunakan sebagai server yang menampung informasi-informasi.

Tidak ada komentar: